Apa itu QWERTY? Penjelasan Lengkap!

apa itu qwerty

Pada saat ini, hampir setiap orang pasti pernah menggunakan keyboard untuk mengetik. Salah satu layout keyboard yang paling umum digunakan adalah QWERTY.

Apa itu Qwerty? Istilah ini muncul pertama kali pada saat muncul penggunaan papan ketik di smartphone yang tidak menggunakan tombol manual lagi.

Namun, apakah Anda pernah bertanya-tanya apa itu QWERTY? Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pengertian, sejarah, kelebihan, dan kekurangan dari QWERTY serta penerapannya pada keyboard modern.

Baca juga: Apa itu Google Drive? Manfaat dan Cara Menggunakannya

Apa itu QWERTY?

QWERTY adalah layout keyboard yang paling umum digunakan di seluruh dunia. Nama “QWERTY” sendiri diambil dari baris pertama pada keyboard tersebut yang terdiri dari huruf-huruf Q, W, E, R, T, dan Y.

Layout QWERTY pertama kali diperkenalkan pada tahun 1873 oleh Christopher Latham Sholes, seorang penemu asal Amerika Serikat.

Christopher Latham Sholes - Penemu QWERTY
Christopher Latham Sholes

Sejarah QWERTY

Sejarah QWERTY berawal dari kebutuhan untuk mengatasi masalah dalam mesin tik mekanik pertama yang diciptakan oleh Sholes.

Masalah yang dihadapi adalah terjadinya bentrok antara palu-palu yang digunakan untuk mencetak huruf.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Sholes merancang layout keyboard yang menempatkan huruf-huruf yang sering digunakan secara terpisah untuk menghindari bentrokan.

Kelebihan QWERTY

QWERTY memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya tetap menjadi layout keyboard yang dominan hingga saat ini. Salah satunya adalah kepopulerannya dan kebiasaan pengguna yang sudah terbentuk selama bertahun-tahun.

Sebagian besar orang sudah terbiasa dengan layout QWERTY dan dapat mengetik dengan cepat menggunakan layout tersebut.

Selain itu, QWERTY juga dirancang untuk mengurangi bentrokan antara palu-palu pada mesin tik mekanik. Meskipun saat ini kita menggunakan keyboard elektronik, prinsip desain QWERTY tetap relevan dalam menghindari bentrokan antara jari saat mengetik.

Kekurangan QWERTY

Namun, ada juga beberapa kekurangan yang melekat pada layout QWERTY. Salah satunya adalah ergonomi yang kurang ideal.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layout QWERTY dapat menyebabkan peningkatan risiko cedera pada pergelangan tangan dan lengan akibat posisi tangan yang tidak alami saat mengetik.

Selain itu, QWERTY juga tidak dioptimalkan untuk mengetik dalam bahasa tertentu, termasuk bahasa Indonesia. Beberapa kombinasi huruf yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia mungkin tidak terletak pada posisi yang mudah dijangkau pada layout QWERTY.

Penerapan QWERTY pada Keywboard Modern

Meskipun ada kekurangan, QWERTY masih menjadi pilihan utama dalam desain keyboard modern. Keyboard komputer, laptop, dan bahkan ponsel pintar sebagian besar menggunakan layout QWERTY. Pengguna yang sudah terbiasa dengan layout ini akan merasa nyaman dan dapat mengetik dengan efisien.

Baca juga: 10 Aplikasi Ojek Online di Indonesia

Alternatif Layout Keyboard yang Populer

Meskipun QWERTY dominan, ada beberapa alternatif layout keyboard yang populer yang dirancang untuk mengatasi kekurangan QWERTY. Salah satu alternatif yang cukup terkenal adalah Dvorak Simplified Keyboard.

Layout Dvorak didesain untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi mengetik dengan meletakkan huruf-huruf yang paling sering digunakan di tengah-tengah keyboard.

apa itu qwerty - Layout Dvorak
Layout Dvorak

Selain itu, ada juga layout keyboard lainnya seperti Colemak, Workman, dan Maltron yang ditujukan untuk meningkatkan ergonomi dan efisiensi mengetik. Namun, penggunaan layout ini masih belum sepopuler QWERTY.

Kesimpulan

Dalam dunia teknologi saat ini, QWERTY tetap menjadi layout keyboard yang dominan. Meskipun memiliki kelebihan dan kekurangan, QWERTY menjadi pilihan utama karena kepopulerannya dan kebiasaan pengguna yang sudah terbentuk.

Dalam penggunaan sehari-hari, penggunaan layout QWERTY pada keyboard modern masih memberikan kenyamanan dan efisiensi dalam mengetik.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts