Urutan Versi Sistem Operasi Windows

Windows adalah salah satu sistem operasi paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan pengguna di berbagai perangkat. Dalam perkembangannya, Windows telah melalui berbagai versi yang menawarkan peningkatan fitur dan performa.

Pada artikel ini, kita akan melihat urutan versi sistem operasi Windows dari awal hingga versi terbaru. Mari kita jelajahi evolusi Windows dan lihat apa yang ditawarkan oleh setiap versi.

Versi Sistem Operasi Windows

Windows telah mengalami transformasi yang signifikan sejak diluncurkan pertama kali. Berikut ini adalah urutan versi sistem operasi Windows yang telah dirilis sejauh ini:

1. Windows 1.0 (1985)

versi sistem operasi windows

Pada tahun 1985, Microsoft meluncurkan Windows 1.0 sebagai antarmuka grafis untuk MS-DOS. Meskipun memiliki keterbatasan dalam hal fungsionalitas, Windows 1.0 membuka jalan bagi perkembangan masa depan.

2. Windows 2.0 (1987)

versi sistem operasi windows

Dua tahun setelah peluncuran Windows 1.0, Windows 2.0 hadir dengan beberapa peningkatan signifikan. Ini memperkenalkan fitur seperti jendela tumpang tindih dan kemampuan untuk mengubah ukuran jendela.

3. Windows 3.0 (1990)

versi sistem operasi windows 3.0

Windows 3.0 menjadi tonggak sejarah dalam evolusi Windows. Ini adalah versi pertama yang mendapatkan popularitas yang besar. Dengan adanya fitur seperti ikon, program manajer file yang lebih baik, dan kemampuan multitasking yang ditingkatkan, Windows 3.0 menjadi dasar bagi keberhasilan Windows di masa depan.

4. Windows 95 (1995)

windows 95

Windows 95 adalah salah satu versi yang paling berpengaruh dalam sejarah Windows. Dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang lebih modern dan mudah digunakan, Windows 95 menjadi langkah besar menuju sistem operasi yang lebih ramah pengguna.

Baca juga: Apa itu Paylater? Penjelasan dan Panduan Lengkap

Ini juga memperkenalkan fitur seperti Taskbar dan Tombol Start, yang sekarang menjadi ikonik dalam Windows.

5. Windows 98 (1998)

windows 98

Windows 98 adalah kelanjutan dari Windows 95 dengan beberapa peningkatan dan perbaikan. Ini menawarkan stabilitas yang lebih baik, dukungan USB yang ditingkatkan, dan integrasi yang lebih baik dengan Internet.

6. Windows Me (Millennium Edition) (2000)

windows me

Windows Me adalah versi Windows yang ditujukan untuk konsumen rumahan. Namun, versi ini dianggap tidak stabil dan memiliki beberapa masalah performa, sehingga tidak mendapatkan penerimaan yang baik dari pengguna.

7. Windows XP (2001)

windows xp

Windows XP adalah salah satu versi yang paling sukses dalam sejarah Windows. Ini menawarkan antarmuka yang lebih stabil dan intuitif, dengan dukungan yang lebih baik untuk perangkat keras baru. Windows XP menjadi pilihan favorit pengguna dan tetap populer bahkan setelah perilisan versi-versi berikutnya.

8. Windows Vista (2007)

vista

Windows Vista adalah versi yang kontroversial dalam sejarah Windows. Meskipun menghadirkan peningkatan visual yang signifikan, performa dan stabilitasnya dipertanyakan. Windows Vista tidak mendapatkan penerimaan yang baik dari pengguna dan segera digantikan oleh versi berikutnya.

9. Windows 7 (2009)

windows 7

Windows 7 adalah pembaruan yang sukses setelah Windows Vista. Dengan antarmuka yang lebih ramping, kinerja yang lebih baik, dan fitur-fitur baru seperti Snap, Windows 7 mendapatkan popularitas yang besar di kalangan pengguna.

10. Windows 8 (2012)

windows 8

Windows 8 menghadirkan perubahan drastis dalam antarmuka pengguna dengan mengenalkan tampilan Metro yang dirancang untuk layar sentuh. Namun, Windows 8 mendapatkan respons yang bercampur aduk karena perubahan yang terlalu drastis dari versi sebelumnya.

11. Windows 8.1 (2013)

windows 8.1

Windows 8.1 adalah pembaruan dari Windows 8 yang menghadirkan beberapa perbaikan dan fitur baru. Ini mengembalikan beberapa elemen yang hilang dari Windows 7 dan menyempurnakan pengalaman pengguna.

12. Windows 10 (2015)

sistem operasi windows 10

Windows 10 adalah versi terbaru dari Windows hingga saat ini. Microsoft menggabungkan elemen-elemen terbaik dari versi sebelumnya dan menghadirkan antarmuka yang serbaguna untuk perangkat sentuh dan non-sentuh.

Windows 10 juga diperbarui secara teratur dengan pembaruan fitur dan keamanan.

Windows 10 juga menghadirkan Microsoft Edge, sebuah peramban web yang baru, yang menggantikan Internet Explorer sebagai peramban default dalam sistem operasi ini.

Baca juga: Mengenal Program Afiliasi, Cara Memperoleh Penghasilan dari Internet

Edge memiliki kecepatan dan keamanan yang ditingkatkan, serta fitur-fitur tambahan seperti penandaan langsung pada halaman web dan integrasi dengan asisten suara Cortana.

Selain itu, Windows 10 juga mendukung pengenalan wajah dan sidik jari sebagai metode otentikasi melalui fitur Windows Hello. Sistem operasi ini juga memperkenalkan Windows Ink, yang memungkinkan pengguna menggunakan pena digital atau sentuhan untuk membuat catatan atau melakukan pengeditan pada layar perangkat yang kompatibel.

Windows 10 menerima pembaruan secara teratur melalui “Windows as a Service” yang memperkenalkan fitur-fitur baru dan perbaikan keamanan.

Microsoft juga memberikan upgrade gratis ke Windows 10 untuk pengguna yang memenuhi persyaratan tertentu pada tahun-tahun awal setelah peluncuran.

Sejak peluncurannya, Windows 10 telah mengalami beberapa pembaruan besar, seperti Anniversary Update, Creators Update, Fall Creators Update, April 2018 Update, dan masih banyak lagi. Pembaruan ini membawa perbaikan kinerja, fitur tambahan, dan peningkatan keamanan.

13. Windows 11 (2021)

sistem operasi windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi komputer terbaru yang dikembangkan oleh Microsoft. Sistem operasi ini diumumkan pada tanggal 24 Juni 2021 dan menjadi penerus dari Windows 10. Windows 11 menawarkan beberapa perubahan signifikan dalam tampilan dan fitur dibandingkan dengan pendahulunya.

Salah satu perubahan utama dalam Windows 11 adalah antarmuka pengguna yang diperbarui. Windows 11 memiliki tampilan yang lebih bersih dan modern dengan pusat tugas (taskbar) yang ditempatkan di tengah bawah layar secara default.

Pusat tugas ini menyediakan akses cepat ke aplikasi dan fitur penting, serta memiliki ikon yang dapat dipersonalisasi.

Windows 11 juga menghadirkan menu Start yang diperbarui. Menu Start ini memiliki tampilan yang lebih sederhana dengan tata letak yang ditata ulang.

Ikon-ikon aplikasi yang disusun dalam format grid dapat diakses dengan mudah, dan terdapat fitur pencarian yang diperbaiki untuk mempermudah menemukan aplikasi dan file.

Fitur lain yang diperkenalkan dalam Windows 11 adalah Snap Layouts dan Snap Groups. Snap Layouts memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengatur dan menggandakan jendela aplikasi dalam berbagai tata letak yang telah ditentukan sebelumnya.

Snap Groups memungkinkan pengguna untuk mengakses kembali grup aplikasi yang telah mereka buka sebelumnya.

Versi sistem operasi windows, demikianlah pembahasan mengenai perkembangan windows dari versi pertama hingga akhir. Terimakasih!

Sumber:https://microsoft.fandom.com/

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts